Pilihan Terbaik Tempat Wisata Keluarga Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang menyediakan aneka pilihan tempat wisata. Salah satu yang paling banyak disediakan adalah tempat wisata keluarga. Tempat Wisata keluarga di Jawa Tengah ini memiliki konsep yang menarik. Wisata dengan balutan konsep edukasi dan sejarah adalah pilihan yang paling banyak tersedia. Kita bisa berlibur mengajak keluarga sembari mengedukasi anak-anak mengenai sejarah dan kebudayaan yang ada di kawasan wisata ini. Lokasinya pun mudah diakses dan sudah sangat memadai secara akomodasi.

Wisata keluarga terbaik di Jawa Tengah ini juga tergolong wisata murah meriah. Tiket masuknya sendiri tidak terlalu mahal sehingga anda tidak perlu memikirkan banyaknya biaya jika ingin menyambangi tempat wisata ini. Bagi anda yang ingin mengajak liburan keluarga ke Jawa Tengah, anda tidak perlu kesulitan lagi menentukan lokasinya. Di bawah ini ulasan selengkapnya untuk berbagai pilihan tempat wisata keluarga di Jawa Tengah.

Wilayah Jawa Tengah itu sangat luas dan terdiri dari banyak kabupaten. Di setiap kabupaten pastinya memiliki potensi wisata yang berbeda-beda, unik dan menyenangkan. Bagi anda yang memiliki agenda liburan di Jawa Tengah, ada baiknya untuk melihat ulasan dan rekomendasi pilihan tempat wisata keluarga terbaik yang berlokasi di Jawa Tengah.

Tempat Wisata Keluarga Jawa Tengah yang Recommended

Berlibur bersama keluarga itu tidak harus mengunjungi Bandung atau Bali saja. Ada banyak tempat di Indonesia yang menawarkan pesona daerah masing-masing. Salah satunya ada di Jawa Tengah, daerahnya yang luas membuat provinsi tersebut kaya akan tempat wisata terbaik. Lalu mana sajakah itu?

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah Candi Budha terbesar di dunia ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Bangunan candi yang megah tersebut dilengkapi dengan relief. Pemandangan di sekitar candi juga sangat indah dan banyak wisatawan yang selalu menantikan keindahan sunrise di sana.

Candi Borobudur berlokasi di Magelang. Candi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini memiliki stupa batu hingga 504 jenis, dan sampai saat ini masih terjaga keasliannya. Obyek bersejarah ini cocok disambangi bersama keluarga untuk rekreasi sekaligus sebagai wisata edukasi yang menarik. Spot khusus keluarga seperti lapangan untuk bersantai, museum, dan sebagainya juga tersedia di kawasan ini.

Candi Borobudur sebagai Tempat Wisata Keluarga Jawa Tengah

  1. Baturaden

Kawasan wisata Baturaden yang ada di Kabupaten Banyumas merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di daerah Jateng. Berada di kaki Gunung Slamet, di sana anda akan disuguhkan dengan panorama alam khas pegunungan. Selain itu, terdapat teater yang unik yaitu menggunakan pesawat terbang Garuda jenis foker 28. Hawanya juga sangat sejuk dan di sana juga terdapat bumi perkemahan serta penginapan.

Baturaden sebagai Tempat Wisata Keluarga Jawa Tengah

  1. Tawangmangu

Anda ingin menikmati pemandangan air terjun yang menakjubkan? Datang saja ke Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Tawangmangu, Karanganyar. Dari kota Solo hanya berjarak sekitar 1,5 jam saja. Kawasan Tawangmangu berada di kaki Gunung Lawu dan sangat cocok untuk piknik bersama Istri dan anak – anak anda. Di sana terdapat area outbond, bumi perkemahan, hotel maupun penginapan, pasar dan masih banyak lagi.

Tawangmangu

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta api yang ada di Ambarawa ini merupakan salah satu objek wisata terbaik di Jateng yang terbaik. Di sana anda bisa menambah wawasan tentang sejarah karena dulunya museum ini merupakan sebuah stasiun pada jaman kolonial Belanda. Bangunan stasiun dan keratanya pun sangat khas dengan gaya Belandanya. Pengunjung pun bisa ikut naik lori dan tiketnya pun tak begitu mahal karena sangat terjangkau.

Museum Kereta Api Ambarawa

  1. Dataran Tinggi Dieng
Baca Juga:  5 Spot Wisata Yogyakarta Paling Populer

Dataran Tinggi Dieng yang berada di Wonosobo merupakan tempat favorit untuk berlibur. Pemandangan khas pegunungan serta didukung dengan berbagai macam fasilitas membuat obyek wisata ini selalu ramai. Di sana anda  bisa menemukan diantaranya Kawah Sikidang, Telaga Warna, Gunung Prau dan lain-lain. Di sana anda bisa berlibur bersama sanak famili anda dengan menyewa villa atau penginapan.

  1. Lawang Sewu

Image Lawang Sewu yang menyeramkan kini sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Memang dulunya Lawang Sewu sempat menjadi hits sebagai lokasi paling menyeramkan tetapi nyatanya malah banyak wisatawan yang mengunjunginya. Hal ini lantaran gaya bangunannya yang sangat unik dilengkapi dengan puluhan pintu dan arsitektur khas Belanda. Meskipun dianggap mistis, tetapi banyak warga Semarang maupun wisatawan yang mengunjungi Lawang Sewu.

Lawang Sewu

  1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan destinasi berlibur unik yang ada di Klaten. Ini merupakan mata air yang dimanfaatkan untuk snorkling. Di bawah mata air tersebut terdapat bebatuan, ikan – ikan, pasir dan benda-benda anti mainstream lainnya. Banyak wisatawan yang mengabadikan foto underwater dan di sana juga sering dijadikan lokasi foto pre wedding. Bagi yang ingin merasakan sensasi snorkling tanpa harus khawatir adanya ombak, Umbul Ponggok sangat direkomendasikan.

Wisata air ini menyuguhkan fotografi bawah air yang menarik. Kita bisa menyelam ke dasar kemudian berpose dengan berbagai macam gaya di dalam air. Umbul Ponggok memang sangat populer belakangan ini. pihak pengelola pun sudah menyediakan berbagai sarana untuk mendukung para pengunjung yang datang ke Umbul Ponggok ini.

Umbul Ponggok sebagai Tempat Wisata Keluarga di Jawa Tengah

  1. Teluk Penyu

Teluk Penyu berlokasi di Cilacap adalah pantai yang sangat popular dan memiliki pemandangan indah. Fasilitias yang dimiliki oleh pantai tersebut terbilang lengkap seperti mushola, toilet, spot pemancingan, warung makan, kios oleh-oleh dan wahana bermain anak. Kegiatan yang bisa anda lakukan di sana seperti bermain bola, memancing dan menyusuri pantai.

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Beralih ke Solo Surakarta. Selain Jogja, di Solo juga terdapat keraton tepatnya di kota Solo. Di Keraton Kasunanan Surakarta anda bisa berjalan – jalan di sekitar keraton dan bahkan bisa berfoto dengan prajurit keraton yang memakai pakaian khas. Selain bisa berkeliling, anda juga bisa belajar budaya. Keraton Solo sendiri harga tiket masuknya sangat murah yakni sekitar Rp 5000 saja.

  1. Taman Nasional Karimunjawa

Anda ingin menikmati suasana pantai dengan pasir putih, air laut biru jernih dan melihat keindahan terumbu karang? Datang saja ke Taman Nasional Karimunjawa yang berada di Kabupaten Jepara. Meskipun terpisah dari Pulau Jawa, Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu ikon wisata di Jateng. Keindahan pantai dan terumbu karangnya tak kalah dengan Bali maupun Lombok.

Jangan lupa sambangi Taman Nasional Karimunjawa bersama keluarga di liburan berikutnya, Karimunjawa memiliki garis pantai yang indah ini menawarkan kekayaan laut yang luar biasa. Terumbu karang, pantai berpasir putih, dan udara pantai yang sejuk membuat banyak pengunjung betah berlama-lama disini dan kita bisa memancing, berenang, hingga snorkeling dan bermain pasir pantai.

Taman Nasional Karimunjawa

  1. Museum Sangiran

Museum Sangiran yang ada di Kabupaten Sragen merupakan lokasi berlibur yang sangat direkomendasikan. Museum ini merupakan museum purbakala terbesar dan termegah di Indonesia. Di sana juga sudah dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Hal tersebut lantaran di daerah Sangiran merupakan daerah ditemukannya fosil manusia purba pertama kali di Indonesia.

  1. Ketep Pass

Ketep Pass merupakan destinasi alam untuk melihat keindahan Gunung Merapi dari dekat namun berada di jarak yang aman. Ketep pass yang berada di Magelang ini menawarkan keindahan panorama gunung. Di sana terdapat gardu pandang, spot foto terbaik, museum vulkanologi, teropong, bioskop mini dan masih banyak lagi. Sangat cocok berlibur bersama keluarga di sini karena hawanya juga sejuk.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Solo untuk Penggemar Barang Antik

Ketep Pass

  1. Kota Lama Semarang

Bagi yang ingin berlibur di Semarang anda bisa mengunjungi Kota Lama Semarang. Di sana banyak bangunan yang bergaya kolonial Belanda, banyak wisatawan yang berfoto – foto dan melihat pemandangan sekitar karena memang mirip seperti di Eropa. Tak heran jika kawasan Kota Lama Semarang sering dijadikan pilihan untuk pasangan melakukan foto pre wedding.

Spot indah di Semarang ini merupakan pilihan menarik untuk liburan bersama istri dan anak anda. anda bisa berekreasi sembari mengelilingi bangunan kuno yang artistik. Selain melepaskan penat, wisata ke Kota Lama ini juga bisa menjadi sumber edukasi untuk anak-anak agar lebih mengenal sejarah dan budaya masa lalu. Liburan pun lebih bermakna ketika menyambangi Kota Lama ini.

Kota Lama Semarang sebagai Tempat Wisata Keluarga di Jawa Tengah

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung yang berada di Semarang ini mungkin menjadi destinasi religi yang cocok untuk keluarga. Masjid tersebut memiliki arsitektur modern dengan perpaduan budaya Islam, Jawa dan Romawi. Ciri khas dari masjid ini adalah memiliki payung besar seperti di masjid Nabawi yang ada di Tanah Suci.

  1. Kampung Batik Laweyan

Destinasi di Solo terbaik selanjutnya adalah Kampung Batik Laweyan yang ada di kota Solo. Di sana merupakan sentra pembuatan batik Solo, selain itu di sana juga terdapat bangunan – bangunan gaya Belanda.

Surakarta merupakan opsi menarik lainnya untuk menjadi destinasi liburan sekeluarga. Kampung Batik Laweyan yang menjadi pilihan lokasi menarik untuk dikunjungi. Kampung yang sudah berdiri sejak abad ke 16 ini akan membuat kita lebih mengenal budaya batik dan proses pembuatannya secara langsung. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga berkunjung ke kampung batik penuh sejarah ini.

Kampung Batik Laweyan sebagai Tempat Wisata Keluarga di Jawa Tengah

  1. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur adalah salah satu lokasi yang populer di Semarang. Lokasinya berada di daerah Manyaran, tepatnya di Jalan Raya Kalipancur, Manyaran, Semarang. Lokasinya cukup dekat dari Goa Kreo atau Waduk Jatibarang. Mampirlah sejenak untuk menikmati sedikit keindahan salah satu di antara puluhan keindahan yang ada Semarang.

Di Desa yang berlokasi di Semarang ini, sobat bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada. dimulai dari kolam renang dan sepeda air, kandang rusa, Cafe, kandang sapi dan kambing,  Western Village (Japanese Village dan Texas Village), Balinese Village juga ada warung makan dan pemancingan.

Beberapa spot mungkin sudah bisa di bayangkan ketika anda pernah mengunjungi spot wisata lain yang fasilitasnya sama seperti memancing dan menikmati masakan ikan tawar, berenang dan bermain sepeda air, melihat hewan-hewan di kebun binatang mini. Tapi untuk Japanese Village? Pasti jarang.

Akses Menuju Desa Kalipancur Semarang

Akses menuju Desa Kalipancur tak begitu sulit. Sobat hanya perlu mengambil jalan ke arah Gunungpati (Unnes Gunungpati) lalu lewat perumahan Greenwood. Atau jika dari Sam Poo Kong bisa mengikuti petunjuk arah menuju Goa Kreo. Desa Wisata Lembah Kalipancur berada di sebelah kiri setelah turunan.

Deretan tempat wisata tersebut merupakan yang terbaik dan direkomendasikan. Sebenarnya tempat wisata keluarga di Jawa Tengah itu ada banyak dan anda pun bisa memilih salah satunya yang mana sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jangan lupa untuk mengabadikan moment berlibur anda bersama keluarga dengan berfoto.

Nah itu dia beberapa opsi tempat wisata keluarga Jawa Tengah yang menarik disambangi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply