9 Tempat Wisata di Jember Yang Mengagumkan

Jember merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berada di dalam Propinsi Jawa Timur, kabupaten yang satu ini letaknya ada dalam wilayah tapal kuda Jawa Timur. Kabupaten yang pusat pemerintahannya ada di Kota Jember ini memiliki wilayah yang tergolong luas yakni mencapai 3923, 34 kmĀ² dengan jumlah populasi kurang lebih 2,4 juta penduduk. Jember memiliki wilayah dengan topografi yang bervariasi di mana bagian selatan merupakan pantai sedangkan bagian utara merupakan pegunungan.

Kabupaten yang hari jadinya diperingati setiap tanggal 1 Januari ini ternyata memiliki potensi pariwisata yang begitu besar sehingga tentu saja bisa menjadi daya tarik bagi para wisataan domestik maupun asing untuk mengunjunginya. Anda memang akan bisa menemukan ada banyak sekali lokasi berlibur yang bisa dijadikan sebagai destinasi pada saat liburan panjang atau akhir pekan. Apabila Anda ingin mengisi waktu liburan untuk berwisata ke Kabupaten ini, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata dibawah ini.

9 Tempat Wisata di Jember Yang Mengagumkan

1. Pantai Papuma

Salah satu tempat wisata di Kabupaten ini yang sangat populer adalah Pantai Papuma, pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Pantai Papuma sendiri akan menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona dengan pasir putihnya yang membentang luas berpadu dengan birunya air laut, Anda juga bisa menyaksikan batuan karang dalam bagian pantai ini.

Wisata di Jember Pantai Papuma

 

2. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri menjadi objek kedua yang sangat sayang untuk dilewatkan, destinasi yang satu ini lokasinya berada di Kecamatan Pesanggrahan. Taman Nasional Meru Betiri memiliki luas sekitar 50 ribu hektar dimana Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang masih asri, Anda juga akan bisa menemukan beberapa pantai yang indah.

Baca Juga:  Destinasi Tempat Wisata Di Kota Pasuruan

Wisata di Jember Taman Nasional Meru Betiri

 

3. Wisata Alam di Jember – Muara Mangrove Getem

Muara Mangrove Getem merupakan salah satu destinasi yang dikelola secara swadaya oleh Pokmaswas Bahari Lestari, obyek indah yang satu ini sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai lokasi edukasi berbasis lingkungan. Anda akan bisa menyaksikan hutan mangrove yang sangat luas, selain itu para wisatawan juga diwajibkan untuk turut serta menanam mangrove ditempat ini.

Muara Mangrove Getem

 

4. Pantai Payangan

Objek keempat yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Payangan. Pantai Payangan jaraknya kurang lebih 45 km dari pusat kota. Pantai Payangan sendiri merupakan pantai yang masih terjaga kelestariannya sehingga Anda akan bisa menyaksikan panorama alamnya yang begitu eksotis, selain itu Anda juga bisa menemukan goa Jepang di kawasan ini.

Pantai Payangan

 

5. Air Terjun Rowosari

Air Terjun Rowosari adalah destinasi kelima yang sangat sesuai untuk Anda kunjungi pada saat liburan, Air Terjun ini lokasi persisnya ada didaerah Desa Rowosari. Air Terjun Rowosari ini akan menyuguhkan keindahan panorama yang sangat mempesona dimana kondisi kawasan air terjun ini masih sangat terjaga.

Air Terjun Rowosari

 

6. Pantai Watu Ulo

Pantai yang berada disebelah Pantai Papuma ini juga layak masuk ke daftar tujuan anda. Pemandangan pasir putih kecoklatan yang memukau berpadu dengan indahnya pepohonan dan tebing karang disekitarnya. Uniknya lagi, tiap tahunnya lokasi ini kerap diadakan Pekan Raya yang bertujuan menarik lebih banyak pengunjung. Anda bisa berbelanja souvernir di spot khusus pantai ini.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Balikpapan yang Tak Boleh Dilewatkan

7. Pantai Bandealit

Bagi penggemar olahraga body surfing, objek ini layak anda sambangi. Pantai dengan ombak besar ini memang sangat cocok untuk olahraga body surfing, berkano, hingga mengendarai speedboat. Panorama pantai dengan ombak besar berpadu dengan perbukitan hijau disekitarnya. Tidak jauh dari pantai, anda bisa mendapati Green House yang menjadi tempat pelestarian bunga anggrek.

8. Taman Botani

Destinasi berikut ini bernuansa edukasi yang cocok disambangi bersama keluarga. Lokasinya sekitar 11 km dari barat Alun – Alun Kota. Kebun herbal yang ditanami 300 jenis tanaman obat bisa anda dapati. Selain itu tersedia penangkaran satwa berbagai spesies yang bisa anda masuki dengan tiket seharga 5 ribu rupiah. Berlibur sembari belajar memang menjadi konsep utama di Taman Botani ini sehingga cocok menjadi pilihan liburan bersama keluarga.

Taman Botani

 

9. Air Terjun Tancak

Dari barat daya kota Jember sekitar 16 km, anda bisa menjumpai sebuah air terjun dengan ketinggian 82 meter. Air terjun dengan air jernih ini berada di Desa Suci. Banyak yang menyebutnya sebagai air terjun dari langit karena menjadi destinasi air terjun paling tinggi di Kabupaten ini. Bahkan puncak tertingginya sampai tertutup kabut sehingga banyak yang menyebutnya demikian.

Air Terjun Tancak

 

Itu dia beberapa pilihan objek wisata di Jember yang menarik didatangi. Semoga bermanfaat menambah referensi tempat liburan anda.

Leave a Reply