5 Tempat Wisata di Balikpapan yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Balikpapan – Balikpapan adalah sebuah kota di sisi timur Kalimantan. Tak hanya terkenal sebagai kota penghasil minyak bumi saja, tapi juga memiliki pariwisata yang tak kalah maju dibanding industrinya. Ketenarannya hampir menyaingi Kota Samarinda sebagai ibukota provinsi Kaltim. Wisata buatan, terlebih wisata alam khas kalimantan dapat kamu temui di Kota Beruang Madu ini. Letaknya yang di pesisir dan memiliki kontur daratan yang berbukit-bukit menghasilkan sebuah landscap kota yang indah. Keliling saja Kota Balikpapan maka kamu akan menemukan liburan spesial!

Sudah mantap untuk liburan di Balikpapan? Lima tempat wisata di Balikpapan berikut wajib kamu masukkan dalam daftar tujuan.

  1. Waterpark Griya Permata Asri

Senang berwisata air? Waterpark Griya Permata Asri di Jl. Ruhui Rahyu, Balikpapan, Kalimantan Timur cocok banget dikunjungi rame – rame. Salah satu waterpark atau tempat permainan air terbesar di wilayah Indonesia bagian timur ini menawarkan wahana dan fasilitas yang akan menjadikan liburan Anda lebih seru. Selain menyenangkan, berenang di Waterpark Griya Permata Asri dapat membuat Anda lebih sehat. Tidak masalah, jika tidak gemar atau tidak bisa berenang, Anda dapat berkunjung ke sini untuk sekedar bersantai di pondok kayu yang tersedia.

Adapun wahana – wahana yang bisa Anda nikmati di Waterpark Griya Permata Asri, Kolam Renang Adventure, Kolam Renang Dewasa, Caribbean Castle, Spillet Bucket, Fun Free Slide, Monkey Slide, Monkey Slide Kids, Elephant Slide, Octopus Tower, Sliding Race, Dry Pool, Hand Boat, Water Ball, Sepeda Air dan Kereta Anak. Selain itu, aktivitas seru lainnya disana pengunjung juga bisa melihat pertunjukan di panggung terbuka atau mencoba permainan lain yang ditawarkan seperti flying fox.

Griya Waterpark Balikpapan

Waterpark Griya Permata Asri buka setiap hari mulai pukul 09.00–19.00 WITA, jam tersebut juga berlaku pada saat hari libur. Harga tiket:

  • Umum (Senin s/d Jumat) Rp50.000,-
  • Pelajar (Senin s/d Jumat) Rp30.000,
  • Sabtu s/d minggu dan hari libur lainnya Rp70.000,-
  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Ingin berwisata di hutan tropis yang masih terjaga kealamiannya? Wisata Hutan Lindung Sungai Wain bisa Anda pilih. Sebuah hutan hujan tropis khas Kalimantan yang indah dan terawat baik. Dengan statusnya sebagai hutan lindung, HLSW ini sangat kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna. Beberapa jenis binatang langka dan tanaman endemik Kalimantan ada di sini seperti beruang, bekantan, orang utan, macan dahan,  kantong semar, bangkirai, ulin, gaharu, keruing, jahe Balikpapan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Ini dia Tempat Wisata di Cimahi dengan Nuansa Alam

Hutan Lindung Sungai Wain berada di Jalan Soekarno Hatta km 15, Balikpapan Utara.Luasnya sekitar 10.000 hektar, pengunjung dapat menjelajahinya dengan dibantu oleh pemandu wisata.

  1. Pantai Kemala

Pantai Kemala atau sering disebut juga Pantai Polda adalah salah satu pantai paling terkenal di Balikpapan. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan pusat kota yaitu di Jalan Sudirman, Prapatan, Balikpapan. Pasirnya yang putih dan pemandangan lautnya yang indah membuat pantai Kemala ini selalu ramai terutama ketika weekend.

Fasilitas di pantai Kemala juga membuat para pengunjung betah seperti kafe dan resto serta tempat kuliner yang berdiri rapi di tepi pantai. Menu seafood sebagai andalan wisata kuliner di tepi Pantai Kemala juga membuat lidah pengunjung dimanjakan. So! Tak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai “Jimbarannya Kota Balikpapan”. Wahana olahraga air seperti jet sky dan banana boat juga turut membuat pantai ini semakin digemari.

Waktu terbaik untuk berwisata di pantai Kemala adalah di sore hari, agar tak terlalu panas juga sekalian mandi, sekalian juga menikmati pemmandangan sunset cantik, lanjut malam harinya makan malam di Kemala Beach & Resto sambil ditemani live music.

Pantai Kemala Balikpapan

  1. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

Monpera adalah sebuah tugu yang dibangun untuk melambangkan keberanian warga Balikpapan, Kalimantan Timur dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tiga patung pejuang dengan senjata berbeda: mandau, talawang (perisai dayak), bambu runcing dan senapan, tampak mengibarkan bendera yang sudah koyak. Makna ikon monumen yang menggambarkan bersatunya masyarakat dari berbagai latar belakang.

Baca Juga:  5 Spot Wisata Yogyakarta Paling Populer

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Berlokasi di jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Monpera berdiri di depan sebuah pantai berpasir putih dengan taman hijau indah yang mengelilinginya. Di bagian bawah tugu monumen, ada museum kecil dengan panggung terbuka. Panggung ini biasanya dipakai untuk menggelar berbagai pertunjukan tradisional atau acara – acara pemuda Balikpapan. Monpera biasanya ramai saat sore hari, di akhir pekan.

  1. Penangkaran Buaya Teritip

Ingin wisatayang agak menantang? Berkunjunglah ke Penangkaran Buaya Teritip. Tempat wisata Balikpapan yang sudah ada sejak 1991 ini dijamin memberikan sensasi lebih seru dibanding berkunjung ke kebun bintanag biasa. Di penangkaran buaya seluas 5 hektare yang dihuni sekitar 1.450 ekor buaya berbagai jenis  ini, pengunjung bisa menyaksikan buaya ketika diberi makan ayam hidup, bisa juga memberi makannya langsung yang akan dikenakan tarif 10 ribu untuk satu ekor ayam hidup. Kalau mau, Anda bisa juga menikmati sate buaya yang dijual di sana. Gokil!

Di wisata Penangkaran Buaya Teritip, Anda juga bisa berbelanja berbagai buah tangan yang beragam yang tentunya juga masih berbau buaya, mulai drai pernak-pernik berbentuk buaya, tas, dompet, ikat pinggang, serta tali jam tangan dengan bahan dasarnya kulit buaya.

Penangkaran Buaya Teritip terletak di Jalan Mulawarman No. 66, Teritip, Balikpapan Timur. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA, tiket masuk Rp10.000/orang

Nah, itulah 5 Wisata Balikpapanyang tak boleh dilewatkan. Silahkan pilih wisata mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu.

Happy travelling!

Leave a Reply